Return to site

Equity World Surabaya : Trump Mendorong Cina untuk Kesepakatan Perdagangan Lebih Baik

Equity World Surabaya – Presiden Donald Trump mendesak Cina untuk menawarkan lebih banyak di meja perundingan karena kedua negara bersiap untuk negosiasi besar pertama mereka dalam lebih dari dua bulan dalam upaya untuk menghentikan perang dagang habis-habisan.

"Kami berbicara dengan China, mereka sangat ingin berbicara," kata Trump Kamis pada pertemuan kabinet di Gedung Putih. "Mereka hanya tidak dapat memberi kami kesepakatan yang dapat diterima, jadi kami tidak akan melakukan transaksi apa pun sampai kami mendapatkan satu yang adil untuk negara kami."
Sebelumnya, penasihat ekonomi top Trump menyambut pengumuman China bahwa akan mengirim Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen ke AS untuk melakukan pembicaraan pada akhir Agustus dengan David Malpass, wakil menteri untuk urusan internasional di Departemen Keuangan.
“Ini adalah hal yang baik bahwa mereka mengirim delegasi di sini - kami belum pernah memilikinya dalam waktu yang cukup lama,” kata Direktur Dewan Ekonomi Nasional Larry Kudlow kepada CNBC Kamis. "Pemerintah China dalam totalitasnya tidak boleh meremehkan ketangguhan dan kesediaan Presiden Trump untuk melanjutkan pertempuran ini untuk menghapuskan tarif dan hambatan non-tarif dan kuota untuk menghentikan pencurian kekayaan intelektual dan menghentikan pemindahan paksa teknologi."
Kudlow mengatakan ekonomi dan mata uang China "tergelincir, seperti yang Anda semua ketahui, tetapi mari kita lihat apa yang terjadi." Diskusi dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dari yang diharapkan, dan berbicara lebih baik daripada tidak berbicara, tambahnya.

Baca lebih lanjut tentang negosiator perdagangan China yang agresif baca

 

Delegasi Cina yang dipimpin oleh Wang akan bertemu dengan sebuah kelompok Amerika yang dipimpin oleh Malpass atas undangan dari AS, Kementerian Perdagangan China mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya Kamis. Ini akan menjadi putaran keempat pembicaraan resmi sejak ketegangan perdagangan berkobar tahun ini, tetapi sesi pertama sejak awal Juni.
"Ini akan menjadi 'pembicaraan tentang pembicaraan perdagangan,'" kata Gai Xinzhe, seorang analis di Bank of China Institute of International Finance di Beijing. "Pejabat yang lebih rendah akan bertemu dan tawar-menawar dan melihat apakah ada kemungkinan untuk pembicaraan tingkat yang lebih tinggi."
Konsesi yang Diperlukan
Untuk memulai kembali negosiasi perdagangan dengan AS, China harus menawarkan paket tindakan, menurut Jacob Parker, wakil presiden untuk operasi China untuk Dewan Bisnis AS-China di Beijing. Cina perlu membuat tawaran yang mengurangi surplus perdagangan bilateral, menurunkan tarif impor, memberikan perlindungan yang lebih baik untuk properti intelektual dan menghentikan transfer teknologi secara paksa, kata Parker awal bulan ini.
Five Sticking Points Menjaga Xi dan Trump dari Kesepakatan Perdagangan
Kedua negara itu tampaknya telah mencapai kesepakatan Mei setelah penasihat utama ekonomi China Wakil Perdana Menteri Liu He - Presiden Xi Jinping - memimpin sekelompok pejabat ke Washington. Namun, Trump mundur dari kesepakatan segera sesudahnya, dan sejak kedua belah pihak terkunci dalam kebuntuan karena mereka menampar tarif milyaran dolar barang masing-masing.

Kantor Perwakilan Perdagangan AS mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya telah memperpanjang dengar pendapat publik mengenai proposal untuk memberlakukan tarif pada $ 200 miliar barang-barang Tiongkok menjadi enam hari mulai 20 Agustus, dari empat hari awalnya. Sebanyak 370 orang diperkirakan akan bersaksi. Tarif tersebut, yang telah dijanjikan oleh China untuk membalas dengan memungut bea masuk $ 60 miliar barang AS, dapat berlaku setelah periode komentar publik ditutup pada 6 September.

 

news edited by Equity World Surabaya

 

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly